Thursday, February 05, 2015

Me and the City

Menjadi mama, dimulai ketika dua garis muncul di test pack. Bagi wanita yang menunggu kehamilan, dua garis tersebut akan disambut dengan penuh sukacita. Terbayang sembilan bulan ke depan dengan berbagai reaksi senang, waswas, paranoid, dan pertanyaan-pertanyaan yang seakan tidak pernah berhenti selama hamil.

Kehamilan bukanlah perubahan untuk mama saja, juga bagi suami. Senang rasanya ketika suami ikut terlibat dalam setiap momen penting, seperti kunjungan ke dokter, diskusi nama anak, beli perlengkapan bayi, investasi buat anak, rencana sekolah, dan proses melahirkan!

Selain perubahan fisik, perubahan hormonal juga mempengaruhi mood. Error, engga fokus, atau lupa juga bisa terjadi. Dalangnya adalah hormon HCG alias hormon kehamilan. Morning sickness sering menjumpai ibu hamil. Tidak hanya terjadi pagi hari, bisa siang, sore, sampai malam alias menderita sepanjang hari. Menurut penelitian, sekitar 70% mengalami nausea (mual) dan sekitar 50% mengalami vomiting (muntah). Gejala lainnya seperti badan lemas, cepat letih, tidak nafsu makan, ataupun sensitif terhadap bau. Pengorbanan cinta seorang mama sebelum si kecil lahir.

Rumah sakit.
Pertimbangan utama saat memilih rumah sakit adalah jarak dari rumah agar mudah dijangkau. Pertimbangan lainnya yaitu fasilitas rumah sakit, seperti NICU (Neonatal Intensive Care Unit) dan PICU (Pediatric Intensive Care Unit).
NICU adalah unit perawatan intensif pada bayi baru lahir (neonatus) yang memerlukan perawatan khusus, seperti BBLR (Berat Badan Lahir Rendah), prematur, lahir dengan penyakit bawaan, atau bayi yang menunjukkan tanda-tanda mengkhawatirkan dalam beberapa hari pertama kehidupan. Sedangkan PICU adalah unit perawatan intensif untuk anak-anak.

Pemeriksaan laboratorium.
Biasanya diminta obgyn selama kehamilan untuk mendeteksi jika terdapat kelainan. Rangkaian pemeriksaannya yaitu hematologi lengkap, glukosa, hepatitis, serologi, anti HIV, urine, hormon kehamilan, dan virus TORCH.

Metode persalinan.
Biaya melahirkan anak tidaklah murah. Pertimbangkan baik-baik dan tentukan metode persalinan mana yang akan dipilih. Normal - tanpa intervensi, normal dengan bantuan ILA, normal dengan induksi, normal dengan vakum, atau bedah caesar.
Persalinan tanpa rasa sakit (painless labor) atau suntikan analgesia epidural atau yang sering dikenal sebagai ILA (Intrathecal Labour Analgesia) efektif meredakan nyeri persalinan. Jadi mama tetap sadar tapi tidak terasa sakit. Tindakan ILA dilakukan setelah pembukaan serviks 3-5 cm.
Persalinan bedah caesar (section caesarea) adalah persalinan dengan melakukan sayatan pada dinding uterus. dengan metode operasi c-section 3x lebih mahal dan pemulihannya juga lebih lama. Beruntung bagi yang di-cover asuransi.
Operasi c-section sebaiknya menjadi pilihan terakhir dan dilakukan atas dasar pertimbangan medis, seperti komplikasi (pre-eclampsia, herpes active), posisi janin sungsang, ukuran janin terlalu besar (macrosomia, masalah pada plasenta (plasenta previa, abruption placenta), lilitan tali pusat pada janin, pinggul sempit, bukaan tidak bertambah, air ketuban tinggal sedikit, atau kegagalan persalinan normal dengan induksi.

Kapan saatnya USG 4D?
Kegunaan ultrasonografi ini untuk melihat berbagai aktifitas janin, seperti mengisap ibu jari, menguap, atau menjulurkan lidah. Hasil gambar seperti rekaman film yang dapat disimpan dalam flashdisk. Keuntungannya, gambar lebih jelas dan lebih mudah dimengerti daripada USG jenis lain.
USG 4D Sabrina
janin mengacungkan jempol dan telunjuk 'dorr!'
Pada usia kehamilan 3 bulan, USG 4D mampu mengidentifikasi kelainan kromosom atau mendeteksi kelainan struktural janin. Pada usia kehamilan 7 bulan, USG 4D dapat mendeteksi kelainan organ, posisi plasenta, profil fisik janin, maupun volume air ketuban.

Babymoon. ✈
Menghitung hari menuju persalinan sama saja seperti menghitung mundur waktu kebebasan. Kami sepakat memilih Bali sebagai destinasi babymoon.
babymoon in Bali
Sebelum memutuskan pergi, konsultasi dahulu dengan obgyn untuk menentukan waktu yang tepat untuk berangkat.

Shopping.
Yeay! Inilah waktu yang ditunggu para calon mama dan calon papa untuk berburu perlengkapan bayi. Sebaiknya dicicil tiap bulan agar pengeluaran atau tagihan kartu kredit tidak membengkak di satu bulan. Saat belanja disarankan beli warna netral sehingga bisa dilungsurkan untuk adiknya kelak.
Kalau masih hamil muda, sebaiknya tahan hawa nafsu. Beberapa adat, pamali berbelanja sebelum hamil 7 bulan yang merupakan waktu di mana organ bayi sudah terbentuk sempurna.

Me time.
Mumpung bayi masih di dalam perut, tidak ada salahnya mama pergi ke salon, nonton serial tv favorit, atau duduk-duduk di cafe agar lebih enjoy menjalani masa kehamilan. Me time dipercaya dapat menghindari stres menuju persalinan.

Nama bayi.
Memilih nama bayi dapat menyita pikiran saat waktunya semakin dekat. Tren nama saat ini cukup ini unik, nyentrik, dan panjang. Sebaiknya orangtua tidak menjadikan buah hatinya kesulitan saat mengurus visa atau paspor, atau sulit untuk dilafalkan. Ada baiknya jika sebuah nama dipilih dengan memikirkan arti dan ejaan lebih dulu. Pilihlah nama yang baik karena akan melekat pada diri buah hati tercinta selama hidupnya.

Senam hamil.
Perlu dilakukan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul agar proses persalinan berlangsung lancar. Senam hamil berfungsi mempersiapkan fisik dan mental ibu hamil.

Detail lain yang harus diperhatikan, seperti pekerjaan. Kapan saatnya cuti dan mau cuti sampai kapan. Dan juga baby room. Bayi mau tidur di mana dan apakah ada rencana kembali ke rumah orangtua atau mertua.

No comments:

Post a Comment