Sunday, February 19, 2012

Vini Vidi Vici

Have you heard about that famous statement?

Julius Caesar, pemimpin militer dan politikus Romawi yang sukses, orator yang memesona, dan seorang penulis yang bagus, menggunakan kalimat bahasa Latin di atas dalam pesannya kepada senat Romawi. Menggambarkan kemenangannya atas Pharnaces II dari Pontus dalam pertempuran Zela.
Vini vidi vici berarti Saya datang, saya lihat, saya menang.

Nama terkadang menjadi sesuatu yang penting bagi seseorang, bahkan menjadi doa dari orang tua kepada anaknya. Nama yang diberikan papa saya, Vini, diambil dari kalimat diatas.

Sedangkan kata ke-2, Isa, diambil dari nama seorang Nabi, putera Maryam, yang di-Tuhan-kan. Katanya lahir tanggal 25 Desember.

Dan kata ke-3, Kanadanty, berasal dari sebuah negara terbesar kedua di dunia dalam wilayahnya setelah Rusia. Terletak paling utara di Amerika Utara. Ibukotanya adalah Ottawa, bekas jajahan Perancis dan Britania Raya. Benderanya menggunakan daun mapel di tengahnya. Kanada, dijadikan sebagai nama karena saat saya lahir, papa baru pulang dari sana :)


No comments:

Post a Comment